Dukung Program Pemerintah, Babinsa Dampingi Tim Penyuluhan Percepatan Penurunan

Dukung Program Pemerintah, Babinsa Dampingi Tim Penyuluhan Percepatan Penurunan

Dukung Program Pemerintah, Babinsa Dampingi Tim Penyuluhan Percepatan Penurunan

Banjarnegara – Babinsa Koramil 14/Madukara Kodim 0704/Banjarnegara Korem 071/WK Sertu Munif dan Kopda Darsino aktif mendampingi Tim Penyuluhan Percepatan Penurunan Stunting di Desa Pekauman. Mereka turut serta dalam kunjungan dan sosialisasi kepada para kader di aula Desa Pekauman,  Rabu (03/07/2024).

 

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolsek Madukara, Danramil yang diwakili oleh Sertu Munif, Kades Pekauman, Kepala Puskesmas Madukara 1, Ketua BPD, Ketua FKD, bidan desa, serta para kader posyandu Desa Pekauman.

 

Sosialisasi penanganan stunting ini bertujuan untuk mempercepat tumbuh kembang anak melalui pemberian makanan tambahan (PMT) berupa susu, vitamin, dan biskuit. Upaya ini diharapkan dapat menciptakan generasi yang cerdas dan sehat serta menekan angka stunting di desa.

 

Penentuan data stunting sangat penting untuk mencegah kelalaian dalam menangani gizi buruk pada balita. Banyak orang tua yang tidak menyadari tanda-tanda masalah gizi kronis pada pertumbuhan anak. Oleh karena itu, edukasi kepada para orang tua menjadi bagian penting dari sosialisasi ini.

 

Di tempat lain, Danramil 14/Madukara Kapten Inf Imam Haryitno menyampaikan bahwa penurunan angka stunting menjadi perhatian semua pihak, termasuk TNI AD melalui Babinsa. Mereka tidak hanya membantu pendataan, tetapi juga penyuluhan dan edukasi. “Selain mengecek kesehatan gizi, sinergi petugas juga memberikan edukasi tentang cara pencegahan stunting dimulai dari pengaturan pola makan dan hidup sehat,” ujarnya.

 

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa jajaran Kodim 0704/Banjarnegara ini adalah bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dalam rangka mempercepat penurunan angka stunting dan peningkatan gizi pada balita. Sesuai target pemerintah pusat, angka prevalensi stunting secara nasional harus turun.

 

Lebih lanjut, Kapten Inf Imam Haryitno menekankan bahwa sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa dalam melakukan pembinaan teritorial. Program penurunan angka stunting sudah dicanangkan oleh KASAD. “Kami selaku satuan komando kewilayahan akan terus meningkatkan kepedulian dan dukungan terhadap program-program pemerintah, termasuk mendukung penurunan angka stunting,” tutupnya.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow